Selasa, 04 Desember 2012

Mengenal Style Fashion Cosplay atau Busana Karakter


 Ada yang pernah mendengar istilah cosplay? Indonesia adalah satu satu konsumen manga terbesar jadi seperti istilah sudah cukup populer ya di kalangan masyarakat Indonesia. Cosplay adalah gaya berbusana yang sangat populer di Jepang. Kata Cosplay merupakan singkatan dari “Costume and Play”, jadi kostum khusus yang dibuat menyerupai karakter kartun, komik, manga, dsb. Jika anda pernah melihat seseorang yang memakai pakaian gundam, spiderman, atau power ranger, nah itulah yang disebut dengan cosplay. Momen lain yang juga kerap memakai cosplay adalah Halloween, dimana banyak orang yang memakai makeup dan busana dari karakter tertentu.
Style Fashion Cosplay atau Busana Karakter
Banyak orang yang mengenal istilah cosplay dari Jepang. Hal ini sangat wajar karena style fashion cosplaysangat populer disana. Bahkan banyak masyarakat kita yang tergila-gila dengan gaya berbusana seperti ini. Tidak seperti tren fashion pada umumnya, gaya cosplay lebih kepada penyaluran hobi saja. Ada momen-momen tertentu seseorang memakai busana cosplay, misalnya pada festival cosplay atau perkumpulan orang-orang pecinta cosplay. Tidak mungkin kan memakai busana seperti untuk jalan-jalan ke pantai atau ke mall?
Style Fashion Cosplay atau Busana Karakter 2
Style Fashion Cosplay atau Busana Karakter 3
Bisa dibilang cosplay adalah hobby. Seseorang jika sudah mencintai sebuah karakter, maka ia akan berusaha dekat dengan karakter tersebut. Salah satunya adalah dengan berbusana cosplay. Oleh sebab itu jangan heran jika anda melihat orang yang menghabiskan berjuta-juta rupiah hanya untuk sepasang atau dua pasang busana cosplay. Berkat popularitasnya, cosplay merupakan lahan bisnis yang cukup menguntungkan. Ada beberapa cosplayer yang sekaligus mereguk untung dari bisnis ini, misalnya Ya ya han, Alodia, dan Yuki le Fay.
Style Fashion Cosplay atau Busana Karakter 4
Style Fashion Cosplay atau Busana Karakter 5
Nah, sekarang anda sudah tahu tentang style fashion cosplay. Lalu darimana sih cosplay itu? Walaupun banyak yang orang tahu bahwa cosplay berasal dari Jepang, namun sebenarnya cosplay sudah dikenal lama di daratan Amerika. Banyak orang yang berpikiran karena cosplay berasal dari Jepang, jadi hanya orang-orang yang memakai karakter Jepang saja yang bisa disebut cosplay. Hal ini keliru, semua karakter dari seluruh dunia bisa dibuatkan busana cosplay nya. Ada sebuah petunjuk yang mengatakan bahwa pemakaian busana cosplay sudah ada sejak era film Starwars dan Star Trek dekade 70an lalu. Dan inilah yang diperkirakan menjadi tonggak sejarah perkembangan cosplay yang kita kenal sekarang. Berikut ini adalah contoh cosplay yang sudah adalah sejak tahun 70an:
Style Fashion Cosplay atau Busana Karakter 6
Namun popularitas Jepang sebagai Negara yang mempopulerkan pemakaian cosplay tidak terelakkan. Jepang memang salah satu produsen karakter kartun terbesar di dunia. Jika anda perhatikan acara-acara kartun di TV atau komik yang beredar di masyarakat, banyak sekali yang berasal dari Jepang, sebut saja Doraemon, Sailor Moon, Naruto, One Piece, Dragon Ball, Pokemon, Inuyasha, dan masih banyak lagi. Dari kecil anak-anak kita sudah ditemani dengan karakter-karakter asal Jepang, jadi jangan heran jika mereka juga mengatakan cosplay berasal dari Jepang.
Style Fashion Cosplay atau Busana Karakter 7
Orang yang memakai busana cosplay disebut dengan cosplayer. Ada beberapa jenis cosplayer yang bisa anda temukan. Yang pertama adalah cosplayer fandom, cosplayer ini memakai busana sesuai dengan karakter yang mereka sukai. Jadi benar-benar untuk menunjukkan kekaguman mereka pada sebuah karakter. Kemudian ada Crossplayers, yaitu seseorang yang berperan sebagai karakter dengan gender yang berlawanan. Misalnya seorang wanita yang memakai pakaian naruto atau Inuyasha. Ada juga mecha cosplay, yaitu cosplay yang menunjukkan busana-busana robot seperti gundam atau yang lainya. Selain itu ada pula yang disebut dengan Kirigumi aka Dolliers, yaitu seseorang yang memakai busana cosplay dari atas ke bawah. Bahkan wajahnya ditutupi dengan topeng, bukan memakai makeup seperti cosplay pada umumnya. Dan satu lagi Cosplay Crossovers, ini merupakan perpaduan antara style cosplay dengan tren fashion modern. Misalnya memakai busana cosplay dengan tren fashion lolita atau harajuku.
Style Fashion Cosplay atau Busana Karakter 8
Nah Jakofans, sekian pembahasan kita tentang Mengenal Style Fashion Cosplay atau Busana Karakter. Semoga bisa menginspirasi anda dalam berbusana.
Sumber: http://jakostyle.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan kirim Kritik Dan Sarannya^^)/ jangan Mengandung Sara Ya Kawan