Selasa, 04 Desember 2012

Mengenal Lebih Dalam Fashion / Style Harajuku


Mengenal Lebih Dalam Fashion / Style Harajuku – Jika anda ditanya, apa sih yang anda tahu tentang fashion Jepang? Anda mungkin akan langsung menebak “Harajuku” tanpa tahu artinya. Harajuku memang sudah dikenal lama di Indonesia, bahkan jauh sebelum fashion Korea populer di Indonesia. Agnes Monica adalah satu trensetter yang mempopulerkan pemakaian tren fashion ini sejak dekade lalu. Ada banyak hal yang perlu kita bahas tentang fashion harajuku atau harajuku style, so kita mulai saja yuk pembahasannya.
Mengenal Lebih Dalam Fashion Style Harajuku
Harajuku sebenarnya adalah sebuah nama tempat di Shibuya, Tokyo. Nah, inilah salah satu pusat fashion di Jepang. Orang-orang Jepang pecinta fashion dari berbagai wilayah berkumpul di tempat ini. Ada berbagai macam gaya berbusana yang dipakai oleh orang-orang di sepanjang jalan, misalnya lolita, decora, cosplayer, dan decora. Nah, yang menarik adalah gaya muda-mudi disini tidak meniru tren fashion khusus. Mereka memadukan banyak sekali fashion hingga membetuk tren fashion harajuku yang kita kenal sekarang.
Mengenal Lebih Dalam Fashion Style Harajuku 2
Mengenal Lebih Dalam Fashion Style Harajuku 3
Berkat keunikannya ini, harajuku telah menjadi salah satu tren fashion dunia. Nah, sekarang anda sudah tahu kan kalau ternyata fashion harajuku itu berasal dari sebuah daerah di Shibuya. Karena merupakan pusat fashion di Jepang, di sekitar tempat ini juga kita bisa menemukan banyak pusat perbelanjaan terutama yang menawarkan busana serta berbagai aksesoris fashion lainnya. Barangkali anda sedang berlibur ke Jepang, anda bisa berkunjung ke tempat ini. Area Harajuku berlokasi diantara Shibuya dan Shinjuku. Apa anda pernah menonton saluran NKH world? Nah, kantornya ada di sekitar tempat ini. Landmark lain yang bisa anda temukan disini adalah Yoyogi Park dan Meiji Shrine. Ada 2 jalan utama yang menjadi pusat shopping, yaitu jalan Takeshita dan Omotesandō. Jika anda sedang berlibur ke Jepang, silakan puaskan hasrat belanja anda ke tempat ini.
Mengenal Lebih Dalam Fashion Style Harajuku 4
Menilik dari sejarahnya, Harajuku memiliki sejarah yang sangat panjang. Dimulai sejak berakhirnya perang dunia kedua, dimana banyak orang yang tinggal di tempat ini berasal dari masyarakat sipil dan juga tentara sekutu Amerika. Kemudian pada tahun 1958,beberapa apartemen dibangun dan dihuni oleh banyak desainer fashion, fotografer, hingga model. Hingga pada 1964 menemukan momentumnya saat perayaan Summer Olympics. Dan sejak saat itu budaya dan tren fashion harajuku masih eksis hingga sekarang dan semakin terkenal.
Mengenal Lebih Dalam Fashion Style Harajuku 5
Nah, itu adalah sekelumit cerita tentang perkembangan fashion harajuku. Sekarang kita akan melanjutkan ke pembahasan bagaimana cara berbusana agar terlihat “harajuku”. Yang pertama adalah layering atau lapisan. Anda bisa membuat rambut dengan potongan layering, atau dengan memakai lebih dari satu busana. Anda bisa memadukan kemeja, blouse, dan tank top untuk atasan. Kemudian untuk bawahan anda bisa memakai celana pendek, lengging, kemudian kaos kaki. Pokoknya buat diri anda seramai mungkin agar kesan “harajuku” nya semakin terasa. Nah, kemudian dari motif, haraju itu bisa dikatakan “suka-suka”. Tidak ada batasan untuk membuat kreasi motif pada busana. Animal printing, polkadot, kotak-kotak, apapun bisa anda padukan jadi satu. Jangan takut kelihatan “saltum” karena memang begitu tren fashion harajuku, bahkan lebih ekstrim dari tren fashion korea dalam memadu padankan motif.
Mengenal Lebih Dalam Fashion Style Harajuku 6
Aksesoris memegang peranan yang sangat penting dalam fashion harajuku. Jika banyak desainer fashion yang menyarankan untuk memakai aksesoris tidak berlebihan, maka berbeda dengan harajuku. Melengkapi “kegilaan” fashion harajuku, anda bisa memakai aksesoris sebanyak yang anda inginkan. Kacamata, kalung, anting, tas, bando, pita, jepit rambut jadi satu? Ga masalah. Pokoknya anda bisa mengeksplor aksesoris sebebas-bebasnya sesuai dengan keinginan anda.
Mengenal Lebih Dalam Fashion Style Harajuku 7
Yang juga penting adalah dalam pemakaian makeup. Tidak ada thu aturan untuk memakai makeup supaya terlihat cantik dan perfect seperi tren fashion ulzzang. Yang ada memakai makeup sekreatif mungkin dan nyaman bagi anda. Jika anda ingin tampil cantik, boleh saja. Namun anda harus mengimbanginya dari outfit. Sedangkan jika anda ingin memakai makeup yang tidak biasa seperti karakter kartun atau teatrikal, tidak ada yang melarang. Jadi anda bisa berkreasi segokil mungkin sesuai dengan daya imajinasi anda. Patut diingat, segokil-gokilnya fashion harajuku, mereka selalu hadir dengan konsep yang kuat. Jadi tidak hanya sekedar memilih busana ini dan itu kemudian menggabungkannya. Perlu konsep dan dasar yang kuat kenapa anda memilih busana ini, dan bagaimana anda akan memadukannya agar tetap terlihat keren saat anda pakai.
Mengenal Lebih Dalam Fashion Style Harajuku 8
Nah, sekian pembahasan kita tentang Mengenal Lebih dalam Fashion / Style Harajuku. Semoga bisa menginspirasi dalam berbusana.
Sumber: http://jakostyle.com

2 komentar:

  1. Arigaotu Tika-chan...
    mau ngebahas panjang lebar soal Harajuku style ini.
    Saya nantikan updetannya ya soal topik ini..
    (maklum gaya ini beragam)

    BalasHapus

Silahkan kirim Kritik Dan Sarannya^^)/ jangan Mengandung Sara Ya Kawan