Selasa, 04 Desember 2012

Mengenal Style Fashion Lolita dari Jepang


Anda mungkin sudah pernah mendengar style fashion Jepang yang namanya Lolita. Dari namanya imut sekali ya? Tapi faktanya memang bener-bener imut lho. Bagi yang belum tahu tentang tren fashion lolita, silakan simak pembahasan berikut ini. Lolita pada dasarnya adalah fashion jalanan (stree fashion) dari Jepang. Ciri khas dari style fashion ini adalah tampil cute dan cantik seperti boneka. Tren fashion ini sudah dimulai sejak lama, yaitu terinsipirasi dari era Rococo dan Victorian. Karena memiliki teman feminin dan imut kebanyakan wanita yang menggandrungi style fashion Jepang ini. Jika ada pria yang ingin bergabung, maka ia akan berubah menjadi Ouji. Ouji adalah tren fashion lolita yang lebih universal, jadi tidak terlalu kentara style lolitanya.
Mengenal Fashion Lolita dari Jepang
Lalu darimana asal kata lolita? Nama Lolita pertama kali muncul dalam sebuah novel karya Vladimir Nabokov berjudul “Lolita” yang dirilis pada tahun 1995. Makna dari kata Lolita adalah gadis muda yang dewasa sebelum waktunya. Namun nama tersebut tidak memiliki keterkaitan secara langsung dengan tren fashion Lolita di Jepang. Hingga saat ini belum ada pihak yang bisa mengkonfirmasi darimana sebenarnya nama Lolita tersebut berasal.
Mengenal Style Fashion Lolita dari Jepang 2
Mengenal Style Fashion Lolita dari Jepang 3
Walaupun sejarah style fashion Lolita masih samar-samar, namun banyak pihak yang menduga bahwa tren ini sudah muncul pada dekade 80an. Beberapa brand seperti Pink House, MIKLN, dan Pretty diperkirakan turut andil dalam terbentuknya street fashion ini. Fashion ini dulu belum begitu populer, baru masuk ke fashion mainstream menginjak pergantian tahun 2000. Malice Mizer adalah salah satu grup band yang turut mempopulerkan gaya Lolita ke hadapan publik. Sejak saat itu, fashion Lolita mengalami banyak sekali perubahan, terutama dari segi desain yang dulunya sangat simpel menjadi rumit seperti sekarang.
Mengenal Style Fashion Lolita dari Jepang 4
Mengenal Fashion Lolita dari Jepang 5
Gaya berbusana Lolita memiliki pakemnya tersendiri, namun begitu tidak ada busana khusus untuk membentuk tampilan Lolita. Kita coba review dari bagian atas. Pada bagian kepala anda bisa memakai bando, baret, topi, jepit rambut, atau topi kecil. Seseorang tidak harus memiliki keahlian khusus untuk bisa mencobastyle fashion Lolita. Cukup lakukan “mix and match” seperti yang sering anda lakukan pada gaya berbusana lainnya. Aksesoris kepala memang tidak diharuskan, namun sangat efektif untuk memperkuat citra Lolita. Kemudian ke bagian badan, usahakan memakai pakaian yang memiliki desain girly dan feminin. Untuk jenis busana anda bisa memilih sesuai dengan keinginan anda, misalnya blouse, cardigan, blazer, sweater, kemeja, atau yang lainnya. Yang penting kesan girly harus ditekankan, misalnya dengan menambahkan aksesoris, renda-renda, rumbai, sulaman, pola dan motif yang cantik, dsb.
Mengenal Style Fashion Lolita dari Jepang 6
Blouse adalah salah satu jenis busana favorit para Lolita. Busana ini memiliki banyak sekali model, namun biasanya memiliki bentuk seperti peplum dress, yaitu mengembang di bagian bawah seperti gaun malam. Ini terutama karena konsep yang ditonjolkan adalah feminin dan imut dan busana dengan lekukan jam pasir sangat membantu untuk menampilkan kesan feminin. Pakaian berbahan kaos juga sering dipakai untuk style fashion Lolita. Biasanya pakaian ini lebih kalem daripada busana Lolita yang lainnya karena memang sulit untuk memodifikasi pakaian yang terbuat dari bahan kaos. Paling-paling motifnya saja yang disesuaikan agar lebih feminin dan cantik.
Mengenal Style Fashion Lolita dari Jepang 7
Untuk rok, style fashion Lolita juga kebanyakan memakai bentuk yang mengembang dan biasanya memiliki panjang selutut. Motif rok Lolita juga sangat beragam dan memiliki kesan feminin yang sangat kuat. Beberapa motif yang sering dipakai untuk rok Lolita antara lain karakter dongeng (ibu peri, puteri, dll), makhluk dunia khayal, kue-kue, permen, polkadot, kotak-kotak, dsb. Hal yang sama juga berlaku untuk alas kaki, seperti sandal, sepatu, dan kaos. Semuanya memiliki motif khas Lolita, yaitu imut dan lucu. Sebagai pelengkap, berbagai aksesoris seperti payung, boneka, tas, perhiasan, sarung tangan, pita, dan bando juga biasanya dipergunakan.
Mengenal Style Fashion Lolita dari Jepang 8
Nah Jakofans, sekian pembahasan kita tentang Mengenal Style Fashion Lolita dari Jepang kali ini. Semoga bisa menginspirasi anda dalam berbusana.
Sumber: http://jakostyle.com

1 komentar:

  1. iya memang keren tren fashion di japan..
    dan untuk kaos kaki wanita muslim iru apakah termasuk tren fashion di sana...

    BalasHapus

Silahkan kirim Kritik Dan Sarannya^^)/ jangan Mengandung Sara Ya Kawan